Follow by Email

Tuesday, November 24, 2015

Hidup Sekali, Berarti, Lalu Mati


Hidup Sekali, Berarti, Lalu Mati, begitulah seharusnya alur perjalanan manusia di dunia, siapa yang meyakininya akan berpikir bagaimana membuat hidupnya bermanfaat untuk bekalnya berhadapan dengan akhirat.

HIDUP SEKALI, mengingatkan kesempatan hidup yang diberikan kepada manusia tak berulang. Sangat penting menjadikannya BERARTI, mengurung kesia-siaan, menebar banyak manfaat. LALU MATI, terkubur dan melebur dengan tanah.

Buku ini terbagi menjadi 3 bab, tapi esai-esai antara bab HIDUP SEKALI dan BERARTI tak terlalu banyak perbedaan, sedang untuk bab LALU MATI memang difokuskan kepada mempersiapkan dan menggapai ketentraman kehidupan akhirat.

Kumpulan esai ditulis dengan ringan tanpa diksi yang berbelit. Penulis mengutip kehidupan pribadinya atau orang lain, baik dari lingkungannya atau media, yang kemudian diuraikan dengan mengambil hikmah dari setiap kejadian. Beberapa kalimat inspiratif dari beberapa tokoh menjadi penguat hikmah dalam setiap tulisan.

Salah satu bagian menariknya, adalah penulis mengutip kalimat inspiratif dari beragam tokoh, bahkan tokoh agama yang dianggap 'melenceng', dan hal tersebut itu juga sempat dibahas dalam salah satu esainya.

Judul: Hidup Sekali, Berarti, Lalu Mati
Penulis: Ahmad Rifa'i Rif'an
Penerbit: ElexMedia
Cetak: ke-7, Oktober 2014
Tebal: 210 hlm
ISBN: 9786020031026
Harga: Rp. 39.800 (Diskon di www.parcelbuku.net)
Readmore → Hidup Sekali, Berarti, Lalu Mati

Thursday, November 19, 2015

5 Guru Kecilku


Sejak memiliki anak saya suka membaca buku parenting, terutama yang membahas tentang perlakuan terhadap anak, menghadapi tingkah pola anak, berpikir kreatif, dan bagaimana terus memotivasi diri untuk tetap berusaha memberikan pendidikan terbaik untuk anak.

Kiki Barkiah adalah seorang ibu dengan 5 anak, dengan sulung yang berusia 11 tahun dan adik-adiknya, yang pastinya, berumur lebih muda. Bisa dibayangkan betapa marak dan atraktifnya kegiatan di rumah mereka.

Berhadapan dengan 5 karakter yang berbeda, mengurusi dan mengatur segala aktivitas apapun di rumah, serta tetap berusaha menampilkan ketenangan dan manajemen emosi yang luar biasa, menjadi garis besar kumpulan cerita dalam buku ini.

Pengalaman berbicara lebih "banyak" daripada teori. Ya, sebagian besar kisah penulis menampilkan realita kesehariannya bersama putra/i-nya. Ada kisah saat beliau bercerita tentang obrolan dengan anaknya, atau homeschooling yang dilakukannya dengan diselingi memasak di dapur, atau saat 'lelah' dan curhat kepada suami.

Kesemuanya dibagikan penulis untuk memberikan sedikit gambaran, bagaimana mempersiapkan mental seorang ibu dengan upayanya untuk mendidik anak. Pendidikan anak yang tak jarang bertemu dengan kompleknya masalah yang datang dari anak, lingkungan, bahkan diri sendiri.

Judul: 5 Guru Kecilku
Penulis: KikiBarkiah
Editor: Aditya Irawan
Penerbit: Mastakka Publishing
Cetak: Oktober 2015
Tebal: 240 hlm
ISBN: 9786027327405
Harga: Rp. 75.000
Readmore → 5 Guru Kecilku

Saturday, November 07, 2015

Pengumuman Pemenang Oktober 2015 #IsRC15


Assalamu'alaykum, sahabat...

Alhamdulillah dan terimakasih untuk sahabat semua yang masih rajin mengirimkan ulasan buku-buku islami bermanfaat. Semoga bisa membantu pembaca mencari referensi dan menyebarkan bacaan-bacaan bermanfaat :)

Pemenang Buku Pilihan Bulan Oktober 2015

  1. Kania Ningsih > http://kaniadanbuku.blogspot.co.id/2015/10/anak-saleh-kesayangan-bunda.html
  2. Ade Delina Putri >  https://delinabook.wordpress.com/2015/10/24/sayap-sayap-sakinah-sayap-menuju-ketenteraman/

Buku Pilihan (pilih salah satu)


  1. Wonderful Couple (sinopsis di http://www.parcelbuku.net/non-fiksi/agama/wonderful-couple/)
  2. Dekati Dia (sinopsis di http://www.parcelbuku.net/non-fiksi/dekati-dia/)


Silakan pemenang mengirimkan data diri dan judul buku pilihan ke sinthionk@gmail.com dan WAJIB mengulas buku tersebut paling lambat sebulan setelah diterima (Mohon diinformasikan ketika buku telah sampai)
Readmore → Pengumuman Pemenang Oktober 2015 #IsRC15

Monday, November 02, 2015

Khadijah by Sibel Eraslan

Khadijah yang ditulis Sibel Eraslan adalah bacaan pertama kali saya yang khusus mengangkat sirah istri pertama Rasulullah ini. Sejauh ini, saya mengetahui potongan-potongan perjalanan hidup Bunda Khadijah dari sirah nabawiyah atau esai berkaitan dengan keteladanan beliau.


Pembuka buku ini langsung memperlihatkan gaya bahasa seperti apa yang akan digunakan penulis dalam berkisah. Penggambaran latar, sosok dan perasaan Khadijah disampaikan dengan kata-kata romantis, penuh syair dan lembut, terasa seperti membaca dongeng tapi dengan kisah yang nyata.

Meski terkadang terasa bertele-tele, terutama bagi saya yang lebih menyukai bahasa lugas, sosok Bunda Khadijah digambarkan dengan natural, ada saat lelah, sedih, bahagia, pasrah, tangguh, menangis. Tapi, tidak dipungkiri, penggunaan bahasa yang lembut ini, bisa membuat pembaca lebih merasakan kehebatan sosoknya dalam mendukung perjuangan Rasulullah. Sosok yang memang layak mendapatkan cinta yang begitu dalam dari Rasulullah, dan pantas menerima "salam" dari Allah SWT.

"Surga tak datang pada orang yang selalu bahagia, tapi dari perjuangan dan keteguhan iman setiap melewati segala ujian."

Meski tidak banyak, sosok Rasulullah juga disinggung dalam cerita. Sosok yang santun, banyak merenung, peduli, penuh kasih sayang, amanah, jujur dan  mengetarkan terutama bagian yang menceritakan perlakuan Bani Quraisy ketika beliau menyampaikan ajaran Islam, yaitu syahadat.

Tanda tanya yang masih membekas di kepala saya setelah membaca buku Khadijah ini adalah masalah referensi. Karena latar cerita kadang terasa detail dan menimbulkan pertanyaan, "benar seperti ini?" Semisal, penantian Khadijah yang ditemani kendi tanah liat pemberian Rasulullah. Mungkin karena saya yang belum banyak membaca buku tentang Khadijah atau saking banyaknya buku sejarah yang telah dicerna penulis sehingga kesulitan menyebutkan referensi beliau dalam menulis. Wallahu'alam. Hanya saja, berkat membaca buku ini, saya berminat mencari bacaan lain yang mengangkat sosok Khadijah.

Dan, saya masih berminat untuk membaca karya Sibel Eraslan lainnya

Judul: Khadijah
Penulis: Sibel Eraslan 
Penerjemah: Ahmad Saefudin, Hyunisa Rahmanadia, Erwin Putra 
Penerbit: KaysaMedia
Cetak: IV, 2014
Tebal: xxxii + 388 hlm
ISBN: 978-979-1479-63-9
Harga: Rp. 65.000 (Diskon di www.parcelbuku.net)
Readmore → Khadijah by Sibel Eraslan
 

Yuk Baca Buku Islam Template by Ipietoon Cute Blog Design