Follow by Email

Sunday, March 27, 2016

Tilawah Cinta Surah Ar Rahman

Penulis: Fitri Handayani
Penerbit: Quanta
Cetak: Pertama, 2014
Tebal: 372 hlm
ISBN: 9786020247335
Harga: Rp. 59.800 (Harga diskon di Toko Buku Online)
Bintang: 3/5


Syahla, gadis yang merindukan pernikahan. Sebuah kerinduan yang ingin diraihnya dengan jalan keridhoan Allah. Usianya yang menginjak 24 tahun dipandang Ibu Syahla, sebagai masa Syahla HARUS sudah berstatus istri, apalagi ketika Syahla menjadi buah bibir para tetangga. Penampilan sebagai muslimah dengan jilbab lebar dan gamis, kerap dijadikan alasan ibunya sebagai penyebab belum menikahnya Syahla.

Jelang pernikahannya dengan Andi yang bermahar Surah Ar-Rahman gagal karena tragedi akibat masa lalunya sebagai gay. Pada bagian ini, saya merasa agak janggal dengan buku harian Andi yang mencantumkan dialog detail hingga penulisan tanda bacanya. Selain itu, penambahan reaksi Syahla di setiap selesai bab membuat isi buku harian terasa kurang natural. Pendapat pribadi saya, biarkan pembaca meresapi kegelisahan dan pejuangan Andi tanpa ada jeda.

Menurut saya, tokoh terasa agak 'menggurui' pada hampir setiap calon. Penyampaian ayat dengan menggunakan dialog one to one pada orang yang masih awam dengan agama, membuat saya sulit merasakan kelembutan islam. Mungkin penulis ingin menyampaikan penguat ayat dalam ceritanya, tetapi saya lebih suka jika penulis menyampaikan ayat melalui sms seperti antara Syahla-Azumi atau menggunakan buku harian.

Terlepas dari segala kekurangannya, pesan moral dalam novel ini sangat indah. Komitmen Syahla untuk menjaga kehormatannya dan mahar surah Ar Rahman bisa memberikan keyakinan bahwa semua itu mungkin terjadi, asalkan niat utamanya adalah Ridho Allah. Banyak ilmu yang bisa diambil dalam novel ini, terutama terkait jodoh dan manajemen cinta. Tak lupa, penulis juga memberikan wawasan baru tentang tempat wisata dan adat pernikahan dalam kisah Syahla, yaitu Lampung.

Meski anti klimaks-anti klimaks dalam buku terbaca, saya menyukai kerumitan jodoh Syahla. Kebetulan-kebetulan dalam alur cerita tak lagi menjadi kebetulan karena sebenar-benarnya segala kejadian di dunia ini telah diatur oleh Sang Maha Mengetahui Hal Terbaik bagi Hambanya, ALLAH. Nice book :)

0 comments:

Post a Comment

 

Yuk Baca Buku Islam Template by Ipietoon Cute Blog Design