Follow by Email

Saturday, December 16, 2017

Aminah, Permata Padang Pasir



KETEGARAN PEREMPUAN, SANG PERMATA PADANG PASIR

“Perempuan yang baik, suci, dan saleh adalah sandaran sepanjang masa, dan kekuatan dalam menghadapi perjalanan waktu.” ~h.10

Ibunda Rasulullah saw. termasuk sosok yang jarang dibahas atau dikisahkan dalam satu buku penuh, dan lebih sering diceritakan figurnya bersama dalam sirah Rasulullah saw. Sehingga, kehadiran buku ini di pasaran bisa menjadi tambahan bacaan tentang sosok Aminah ra. Bab-bab awal dituturkan tentang masa kecil Aminah yang sudah memiliki kepribadian memukau di kalangan Bani Zuhrah hingga perjodohannya dengan Abdullah, sosok ayah Rasulullah saw, yang juga dibahas sedikit terutama terkait kisah penebusan dirinya.

Kisah Ibunda Aminah kental dengan sifat sabarnya  dalam menghadapi ujian. Perpisahan dengan suami, Abdullah, yang terjadi selang beberapa bulan setelah menikah menjadi awal ujian ketegaran Aminah dalam buku ini. Berlanjut, perpisahan dengan sang putranya, Muhammad, yang dipersusui oleh Halimah Sa'adiyyah, hingga usia sapih. Kesabaran dan ketegaran menjadi kekuatan kisah si Permata Padang Pasir.

Saat ini penulisan biografi dengan gaya novel sedang naik daun. Jenis bacaan non fiksi – biografi yang dulunya terasa kaku menjadi lebih luwes dan menyenangkan, dengan sentuhan-sentuhan fiksi di dalamnya. Seperti juga, buku biografi Aminah, Permata Padang Pasir terbitan @bukurepublika. Novel biografi Aminah, ibunda Rasulullah saw. juga ada selipan-selipan fiksi untuk digunakan supaya pembaca lebih dapat merasakan perjalanan kehidupan tokoh.

Dalam buku ini sosok Aminah sebenarnya ingin digambarkan senatural mungkin, perasaan, ketegaran, dan kesedihannya, tapi menurut saya, masih terasa ada kekakuan dalam bahasanya, entah karena penerjemahannya atau memang dari sang penulis. Jika sedikit membandingkan dengan novel Sibel Eraslan yang juga banyak mengambil sosok perempuan di sekitar Rasulullah, gaya bercerita Abdul Salam Al-Asyri tidak terlalu meresap dan membuat pembaca merasakan perasaaan Aminah. Meski begitu, novel biografi ini masih layak untuk dijadikan bacaan untuk lebih mengenal sosok yang sarat dengan kemuliaan, Bunda Aminah ra.

Judul: Aminah, Permata Padang Pasir | Penulis: Abdul Salam Al-Asyri | Penerjemah: Syahruddin El Fikri | Penerbit: Republika | Terbit: Pertama, April 2017 | Tebal: 159 hlm | Harga: Rp. 52.000 | Bintang: 2/5

0 comments:

Post a Comment

 

Yuk Baca Buku Islam Template by Ipietoon Cute Blog Design